twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Info Merapi

Beredar Info Merapi Bakal Meletus Lagi

Rabu, 27 Oktober 2010 - 10:47 wib

BOYOLALI- Sejumlah pihak memprediksi letusan Merapi kemarin petang bukanlah klimaks aktivitas vulkanik di gunung teraktif di Indonesia itu. Kuat dugaan letusan kemarin hanya pemanasan saja.

Sementara klimaks letusan masih baru akan terjadi beberapa hari ke depan. Oleh karena itu langkah antisipasi letusan susulan terus digalakkan, guna menekan sedikit mungkin jumlah korban di sekitar Gunung Merapi.

Dalam rapat gabungan Tim SAR Kabupaten Boyolali, TNI, dan Polri, semalam, disebutkan Gunung Merapi berpotensi meletus lagi. Bahkan letusan susulan skalanya bisa jadi lebih besar ketimbang letusan kemarin.

“Berdasarkan informasi dari pos pemantau Gunung Merapi bahwa letusan kemarin belum begitu besar,” ujar pemimpin rapat gabungan Tim SAR di Kantor Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah, tadi malam.

Pemimpin rapat yang belum diketahui identitasnya itu juga mengumumkan bahwa Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta juga menyampaikan informasi serupa. Data seismograf menyatakan aktivitas vulkanik di Gunung Merapi masih tinggi.

Seperti diketahui, letusan Gunung Merapi kemarin petang mengakibatkan 25 orang meninggal dunia serta meluluhlantakkan sejumlah desa di Sleman, Yogyakarta.

Arah letusan ke Barat, Barat Daya, Selatan, dan Tenggara, membuat penduduk di Dusun Ugo, Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Boyolali, masih aman. Itu karena Dusun Ugo hanya berjarak dua kilometer dari puncak Merapi di lereng sisi timur.

Kedati demikian, ribuan penduduk di Kecamatan Selo telah dievakuasi. Rencanannya tim SAR gabungan akan kembali naik ke Dusun Ugo pada siang ini untuk menjemput sejumlah orang yang masih bertahan dirumahnya. Sedikitnya 320 personel tim SAR diterjunkan dalam operasi ini.(brahmantyo/Trijaya/ful)

0 komentar:

Posting Komentar